menu1

Minggu, 28 Februari 2016

LAPORAN KKN






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus. Sekaligus sebagai proses pembelajaran serta mengabdi kepada masyarakat yang sedang membangun dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang sedang dihadapi. KKN dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan misi dan bobot pendidikan pada mahasiswa untuk mendapat nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi.
KKN ( Kuliah Kerja Nyata) dilaksanakan dimasyarakat diluar kampus dengan maksud meningkatakan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan. Teknologi agama serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang makin meningkat serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara landasan teori yang diperoleh dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat secara nyata.         Bagi mahasiswa kegiatan KKN merupakan pengalaman belajar baru yang tidak diperoleh didalam kampus. Dengan selesainya KKN mahasiswa memiliki pengetahuan , kemampuan dan kesadaran baru tentang bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Secara sosiologis dalam kemandirian manusia bahwa interaksi sosial adalah kebutuhan yang paling mendasar dalam menjalankan proses hidupnya. Interaksi sosial ini terbangun sebagai konsekuensi logis dari kesadaran manusia bahwa kebutuhan pada sisi–sisi tertentu kemanusiannya tidak dapat tercapai tanpa interaksi dengan sesamanya. Artinya manusiapun harus cerdas untuk menemukan model komunikasi yang mampu menjawab segala kebutuhan-kebutuhan tersebut tanpa ada diskriminasi atau dengan kata lain komunikasi yang terbangun harus mampu mengakomodir semua kepentingan, menyatukan dan mensinergiskan gerakan segala elemen masyarakat dalam struktur sosial yang sangat kompleks.
Saling tolong-menolong, saling menghargai, adanya pengakuan terhadap hak-hak individu, munculnya simpati, empati dan kepedulian sosial serta segala bentuk tindakan sosial yang banyak kita saksikan dalam aktivitas keseharian kita adalah manifestasi dari cita-cita mulia untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Makanya pranata sosial yang terbangun dalam masyarakat (community) harus dapat menciptakan keteraturan sosial, menjamin stabilitas sosial, jaminan rasa aman yang di peroleh setiap anggota masyarakat, menciptakan suasana yang nyaman dan tentram serta jaminan keselamatan lain.
Institusi Pendidikan tinggi adalah adalah salah satu elemen Bangsa yang turut bertanggung jawab dalam usaha pencapaian cita-cita ideal Negara tersebut. Pendidikan tinggi merupakan benteng terakhir dalam menghadapi segala goncangan dan problematika kebangsaan. Pendidikan tinggi harus mampu berperan sebagai produsen pengetahuan, laboratorium pengujian kebenaran, menjaga aset pengetahuan, mampu mendiagnosa penyakit dan prolematika kebangsaan serta menformulasi resep alternatif yang solutif terhadap penyakit dan problematika tersebut, secara aktif dan kreatif menyusun metodologi yang proporsional dan profesional untuk mengaplikasikan segala gagasan dalam bentuk tindakan yang riil di masyarakat. Secara umum konsep operasional itu tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk mengejawantahan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat karena mahasiswa diberi kesempatan secara langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan yang telah diperoleh di perguruan tinggi sekaligus Kuliah Kerja Nyata adalah ruang pembelajaran yang baru bagi mahasiswa untuk pengembangan dirinya.

B. Tujuan KKN
1. Tujuan Umum
Tujuan umum KKN Mahasiswa STKIP PGRI Ngawi mempunyai empat tujuan, yaitu :
a.       Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat secara langsungdengan cara menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan yang ada pada masyarakat secara pragmatis dan interdisipiner.
b.      Mahasiswa dapat memberikan pemikiran berdasarkan ilmu, tehnologi, dan seni dalam upaya menumbuhkan, mempercepat gerak serta mempersiapkan kader-kader pembangunan terutama di bidang pendidikan.
c.       Supaya perguruan tiggi dapat menghasilkan sarjana pengisi tekno struktur dalam masyarakat yang lebih tinggi menghayati kondisi, gerak dan permasalahan yang komplek yang dihadapi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan terutama di bidang pendidikan.
d.      Meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, instansi terkait dan masyarakat, sehingga perguruan tinggi dapat menyesuaikan kegiatan pendidikan serta penelitian dengan tuntutan dari masyarakat yang sedang membangun.

2. Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus KKN mahasiswa STKIP PGRI Ngawi yaitu:
a.       Membantu pemerintahuntuk mempercepat proses pembangunan di bidang pendidikan.
b.      Membantu memecahkan masalah problematika yang dihadapi masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan.
c.       Memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai penerus pembangunan yang dapat memahami permasalahan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat.
d.      Mendekatkan STKIP PGRI Ngawi sebagai Institusi kepada masyarakat dan penyesuaian Pendidikan tinggi terhadap tuntutan pembangunan.
e.       Menumbuhkan kesadaran, kepekaan dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan kampus sebagai wujud ungkapan rasa bangga terhadap almamater, sehingga tercipta kondisi yang nyaman sebagai tempat aktifitas akademik.
f.       Mendapatkan umpan balik yang dapat dijadikan bahan acuan untuk penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan program pembangunan.
C. Manfaat KKN
Sesuai denngan tujuan diatas, maka manfaat yang ingin diperoleh dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Pitu Kecamatan Pitu Kota Ngawi diantaranya :
1.      Bagi Mahasiswa
a.       Mahasiswa mampu mengkolaborasikan dan mengaplikasikan teori-teori praktis yang dimiliki serta bagaimana cara bermasyarakat dikaitkan dengan ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama mengikuti materi perkuliahan di STKIP PGRI Ngawi.
b.      Memperdalam pengertian mahasiswa tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat menghayati adanya ketergantungan, keterkaitan, dan bekerja antar sektor.
c.       Menambah pengetahuan bagaimana cara bermasyarakat yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat, baik norma tersurat maupun tersirat.
d.      Mencari, menemukan dan berusaha turut andil dalam memecahkan masalah dengan menerapkan konsep dan teori ilmiah yang telah dimiliki secara objektif komprehensif.
2.      Bagi STKIP PGRI Ngawi
a.       Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian keilmuan mahasiswanya melalui proses pembangunan fisik maupun non fisik di tengah-tengah masyarakat dan pembenahan masyarakat, sehingga kurikulum yang disusun di Perguruan Tinggi dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di masyarakat sekarang dan yang akan datang.
b.      Memperoleh berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan materi perkuliahan dan menemukan berbagai masalah untuk pengembangan penelitian.
c.       Mewujudkan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi secara terpadu, selaras dan langsung kepada masyarakat.
d.      Memantapkan program observasi pendidikan dan studi lapangan sebagai sarana belajar dan latihan pengabdian pada masyarakat dalam rangka menunjang pembangunan tepat guna.
3.      Bagi Masyarakat dan Pemerintah
a.       Memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga serta ilmu, teknologi dan seni dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan yang diharapkan.
b.      Membantu masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang terutama bidang pendidikan formal, non formal dan informal.
c.       Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk aktif dan kreatif dalam pembangunan desa swasembada sesuai dengan program pemerintah daerah



BAB II

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN KKN

A.     KOMPUTERISASI ADMINISTRASI DESA/ PROFIL DESA
Dalam rangka penyediaan informasi dan data yang valid dan komprehensip sesuai fakta sebagai rujukan perencanaan pembangunan desa dan kelurahan, maka diperlukan Sistem Informasi Manajemen yang handal dan berbasis TIK
Profil Desa dan Kelurahan merupakan himpunan informasi dan data kondisi nyata dan menyeluruh tentang Kependudukan, Kelembagaan dan Pemerintahan Desa/ Kelurahan yang meliputi :Data Potensi Desa/ Kelurahan dan Tingkat Perkembangan  Desa/Kelurahan.
1.      Tujuan :
a.       Tersedianya data primer profil desa/kelurahan (data potensi dan tingkat perkembangan desa/kelurahan) sebagai gambaran menyeluruh masing-masing desa/kelurahan di Jawa Timur;
b.      Terpublikasinya data dan informasi profil desa Pitu Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi dalam website maupun media; melalui aplikasi Prodeskel
c.       Mendorong perencanaan pembangunan desa/kelurahan berbasis data profil desa/kelurahan (baik RPJMDes maupun RKP).
2.      Hasil yang diharapkan
a.       Terwujudnya Profil desa Pitu Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi yang yang valid
b.      Terwujudnya pelayanan Prima
c.       Terpublikasinya data dan informasi profil desa Pitu Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi dalam website maupun media; melalui aplikasi Prodeskel
3.      Strategi pelaksanaan
a.       Untuk pelaksanaan pada kegiatan ini, kami melakukan mulai dari mengadaakan Sensus Ke Warga dan mengisi form pendataan secara manual baik bersumber dari warga maupun KK.
b.      Input data pada Aplikasi Prodeskel yang kami lakukan setiap hari sesuai denganpembagian tugas masing-masing
4.      Tempat Input data
Input data KK ke Aplikasi Prodeskel dilakukan setiap hari di Kantor Desa Pitu Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi.

B.     MELAKSANAKAN KBM DI SDN 2 PITU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….


C.     BIMBINGAN BELAJAR
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….


D.     KGIATAN TPA
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

E.      PELATIHAN KOMPUTER UNTUK GURU
Pada era multimedia ini perlu kiranya kita melakukan langkah-langkah persiapan secara optimal bahwa semua pekerjaan kantor harus dikerjakan melalui perangkat komputer. Siap atau tidak siap pembelajaran berbasis TIK harus dimulai sejak sekarang. Mendayagunakan teknologi dan informasi disekolah adalah salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Berdasarkan Survei yang kami lakukan di SMPN 3 Pitu,  98% guru mengajar belum menggunakan bahan ajar berbasis IT. Melihat kenyataan dari peserta didik sekarang sudah enggan mendegarkan ceramah guru, mereka lebih senang untuk melihat, mengikuti dan menirukan.
Berangkat dari keaadaan tersebut, melalui Kegiatan KKN ini kami melakukan pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis TIK untuk para guru SD dan SMP yang berada di desa Pitu Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi. Menurut kami, ini merupakan momen yang tepat untuk merangsang masyarakat,  khususnya para pelaku utama di dunia pendidikan agar mulai menggunakan teknologi dalam upaya pengembangan sumber daya manusia
Dalam pelaksanaanya kami meminta ijin kepada pemangku ssatuan pendidikan di Desa Pitu, kemudian kami membuat Proposal untuk pelaksanaan Pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis TIK.
Pelatihan ini kamilaksanakan tiap hari Senin sampai dengan Kamis jam 13.30 s.d. 15.30 WIB selama 11 pertemuan dengan materi :
1.      ProgramUtama : Pembuatan bahan ajar menggunakan MS. Power Point.
2.      ProgramTambahan :
a).    Membuat Naskah Ulangan Model CBT ( Computer Base Tes) menggunakan Wonder share
b).    Aplikasi greenshort
c).    Aplikasi SKP  (Ms. Excel)
d).    Aplikasi PKG (Ms. Excel)

3.      Tujuan Pelatihan
Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah :
a).    Guru dapat membuat media/ bahan pembelajaran menggunakan MS Power Point secara mandiri
b).    Dapat Menggunakan Aplikasi greenshort untuk mempermudah pembuatan media Pembelajaran
c).    Dapat Menggunakan Aplikasi Wonder Share Quiz Creator untuk Membuat Naskah Ulangan Model CBT
d).    Dapat menggunakan Aplikasi SKP (Sasaran Kerja Pegawai) dengan mudah dan cepat.
e).    Dapat menggunakan Aplikasi PKG (Penilaian Kinerja Guru) dengan Mudah dan Cepat

4.      Hasil yang di harapkan
Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah :
a).    Menciptakan tenaga pendidik yang dapat mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis TIK
b).    Menguasai penggunaan TIK dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran
c).    Melaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia.

5.      Tempat dan Waktu
a).    Tempat pelaksanaan        :     Ruang Guru/ Lab TIK SMP Negeri 3 Pitu,
b).    Tanggal Pelaksanaan        :     22 Februari 2016 s.d. 10 Maret 2016
c).    Waktu Pelaksanaan         :     Pukul 13.30 s.d. 15.30 WIB. (dapat disesuaikan situasi dan kondisi)
6.      Jadwal Kegiatan :
NO
HARI TANGGAL
WAKTU
MATERI
KET.
1
Senin

13.30 – 15.30
-     Instalasi berbagai aplikasi
-     Mengenal Aplikasi Power Point
Tutorial +  Praktik
2
Selasa

13.30 – 15.30
-     Input Data menggunakan teks box
-     Input data dengan Copas
Tutorial +  Praktik
3
Rabu
13.30 – 15.30
Membuat Slide Master sederhana
Tutorial +  Praktik
4
Kamis

13.30 – 15.30
1.         Memasukkan gambar dengan Copy Paste
2.         Memasukkan gambar/ data menggunakan Greenshort
3.         Memasukkan gambar dalam Teks Box
4.         Memasukkan Video
Tutorial +  Praktik
5
Senin

13.30 – 15.30
Mengenal berbagai macam ANIMASI 1
Tutorial +  Praktik
6
Selasa

13.30 – 15.30
Mengenal berbagai macam ANIMASI 2
Tutorial +  Praktik
7
Rabu

13.30 – 15.30
Praktik membuat Media Bahan Ajar
Tutorial +  Praktik
8
Kamis

13.30 – 15.30
Praktik membuat Media Bahan Ajar
Tutorial +  Praktik
9
Senin

13.30 – 15.30
Membuat media pilihan ganda pada PPT
Tutorial +  Praktik
10
Selasa

13.30 – 15.30
Membuat soal Model CBT
Tutorial +  Praktik
11
Rabu

13.30 – 15.30
Membuat SKP
Tutorial +  Praktik

F.      PEMASANGAN PLANG PENUNJUK ARAH
Desa Pitu kecamatan Pitu  ini adalah sebuah desa yang memiliki banyak jalan menuju ke daerah penduduk dan menurut kami sangat membingungkan, karena belum ada tanda penunjuk arah. Oleh karena itu pada kegiatan KKN ini kami melakukan pemasangan Plang penunjuk arah sebanyak 10 buah.
Bahan dasar yang akan kami gunakan untuk pembuatan plang ini adalah papan kayu yang digunakan untuk membuat tulisan penunjuk arah Warna yang digunakan adalah putih untuk warna dasar keseluruhan baik papan maupun tiang pancangnya dan warna hitam yang digunakan untuk tulisan.. Kedua warna dipilih dengan pertimbangan bahwa warna tersebut merupakan warna yang mencolok dan dapat memudahkan orang-orang yang melihatnya dan mudah membacanya.
1.      Tujuan
a.       Secara umum tujuan utama pendirian plang penunjuk arah jalan ini adalah untuk memudahkan orang-orang luar desa yang tengah berkunjung ke desa Pitu
b.      Agar bagi pengguna jalan tidak salah arah
2.      Lokasi yang di pilih :
a.       Jalan menuju ke .......
b.      Jalan menuju ke .......
G.     HAMBATAN HAMBATAN YANG DI AHAPI DAN ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
1.      Hambatan
2.      Alternatif Pemecahan masalah






Lampiran 1

PROGRAM PELAKSANAAN KEGIATAN KELOMPOK
KKN STKIP PGRI NGAWI TAHUN 2016

No
Hari, Tanggal
Waktu
Jenis Kegiatan
Tujuan
Sasaran
Hasil
Lokasi
1
Senin,
15/02/2016
08.00 – 10.00 WIB


10.00 – 12.00 WIB



13.30 – 15.30 WIB
-  Pembukaan KKN


-  Pembukaan KKN



-  Konsultasi dengan Perangkat Desa dan Warga untuk rencana pembuatan rencana kerja
-    Persiapan KKN


-    Persiapan KKN



Agar Program sesuai dengan kondisi sebenarnya
 -Mahasiswa


-Mahasiswa



Perangkat/Warga Desa
Terlaksana 


Terlaksana 



Terlaksana
STKIP PGRI Ngawi

Kantor Kecamatan PITU

Desa Pitu
2
Selasa,
16/02/2016
08.00 – selesai



-   Membuat Program Kerja
-   Kelancaran pelaksanaan KKN
-   Administrasi
-   Terwujud Dokumen Program kerja
-  Papan Sekretarist
-  Struktur Organisasi
-  Schedule Time
 Desa Pitu
3
Rabu,
17/02/2016
09.00 – 12.00 WIB




19.30 – 21.00 WIB

Sosialisasi Program kerja dengan Perangkat Desa

Sosialisasi Program kerja dengan Warga Desa
 Kelancaran Pelaksanan Program
 Perangkat Desa




Warga Masyrakat
Tersosialisasikan Program kerja



Tersosialisasikan Program kerja
 Kantor Desa




Rumah Perangkat Desa
4
Kamis,
18/02/2016
09.00 – 12.00 WIB


15.00 – 16.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Kegiatan TPA

-  Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Warga TPA
Input Data 23 KK


Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


Masjid
5
Jumat,
19/02/2016
09.00 – 12.00 WIB


15.00 – 16.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Kegiatan TPA

-  Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Warga TPA
Input Data 15 KK


Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


Masjid
6
Sabtu,
20/02/2016
09.00 – 12.00 WIB


15.00 – 16.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Kegiatan TPA

-  Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Warga TPA
Input Data 20 KK


Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


Masjid
7
Minggu,
21/02/2016






8
Senin,
22/02/2016
09.00 – 12.00 WIB


15.00 – 16.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Kegiatan TPA

-  Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Warga TPA
Input Data 22 KK


Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


Masjid
9
Selasa,
23/02/2016
09.00 – 12.00 WIB


13.30 – 15.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Pelatihan Komputer
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Guru dapat membuat media/ bahan pembelajaran menggunakan MS Power Point secara mandiri

Administrasi Desa

Guru
Input Data 23 KK


Mengenal Jendela Aplikasi Power Point

 Kantor Desa


SMPN 3 PITU
10
Rabu,
24/02/2016
09.00 – 12.00 WIB









13.30 – 15.30 WIB
1. Komputerisasi Administrasi Desa
2. Kegiatan belajar mengajar.





1.Pelatihan Komputer







2. Kegiatan TPA
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Kecerdasan





Guru dapat membuat media/ bahan pembelajaran menggunakan MS Power Point secara mandiri

Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Peserta disik






Guru








Warga TPA
Input Data 20 KK

Dapat menyebutkan nama benda menggunakan bhs Ingris



Input Data menggunakan teks box, Input data dengan Copas .



Iqro’ 4 = 10 baris

 Kantor Desa


SDN ……






SMPN 3 PITU








Masjid
11
Kamis,
25/02/2016
09.00 – 12.00 WIB









13.30 – 15.30 WIB
1. Komputerisasi Administrasi Desa
2. Kegiatan belajar mengajar.





1.Pelatihan Komputer






2. Kegiatan TPA
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Kecerdasan





Guru dapat membuat media/ bahan pembelajaran menggunakan MS Power Point secara mandiri

Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Peserta disik






Guru







Warga TPA
Input Data 18 KK


Dapat menyebutkan nama benda menggunakan bhs Ingris


Membuat Slide Master sederhana






Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


SDN ……






SMPN 3 PITU







Masjid
12
Jumat,
26/02/2016
09.00 – 12.00 WIB


15.00 – 16.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Kegiatan TPA

-  Terwujudnya Profil Desa


Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Warga TPA
Input Data 22 KK


Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


Masjid
13
Sabtu,
27/02/2016
09.00 – 12.00 WIB








150 – 1630 WIB
1. Komputerisasi Administrasi Desa
2. Kegiatan belajar mengajar.




Kegiatan TPA
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Kecerdasan




Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Peserta disik





Warga TPA
Input Data 20 KK


Dapat menyebutkan nama benda menggunakan bhs Ingris

Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


SDN ……





Masjid
14
Minggu,
28/02/2016






15
Senin,
29/02/2016
09.00 – 12.00 WIB


15.00 – 16.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Kegiatan TPA

-  Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Warga TPA
Input Data 17 KK


Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


Masjid
16
Selasa,
01/03/2016
09.00 – 12.00 WIB


13.30 – 15.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Pelatihan Komputer
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Guru dapat membuat media/ bahan pembelajaran menggunakan MS Power Point secara mandiri

Administrasi Desa

Guru
Input Data 22 KK


5.        Memasukkan gambar dengan Copy Paste
6.        Memasukkan gambar/ data menggunakan Greenshort
7.        Memasukkan gambar dalam Teks Box
8.        Memasukkan Video
 Kantor Desa


SMPN 3 PITU
17
Rabu,
02/03/2016
09.00 – 12.00 WIB









13.30 – 15.30 WIB
1. Komputerisasi Administrasi Desa
2. Kegiatan belajar mengajar.





1.Pelatihan Komputer







2. Kegiatan TPA
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Kecerdasan





Guru dapat membuat media/ bahan pembelajaran menggunakan MS Power Point secara mandiri


Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Peserta disik






Guru








Warga TPA
Input Data 25 KK


Dapat menyebutkan nama benda menggunakan bhs Ingris


Mengenal berbagai macam ANIMASI 1





Iqro’ 4 = 10 baris

 Kantor Desa


SDN ……






SMPN 3 PITU








Masjid
18
Kamis,
03/03/2016
09.00 – 12.00 WIB









13.30 – 15.30 WIB
1. Komputerisasi Administrasi Desa
2. Kegiatan belajar mengajar.





1.Pelatihan Komputer






2. Kegiatan TPA
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Kecerdasan





Guru dapat membuat media/ bahan pembelajaran menggunakan MS Power Point secara mandiri

Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Peserta disik






Guru







Warga TPA
Input data 21 KK


Dapat menyebutkan nama benda menggunakan bhs Ingris


Mengenal berbagai macam ANIMASI 2




Iqro’ 4 = 10 baris

 Kantor Desa


SDN ……






SMPN 3 PITU







Masjid
19
Jumat,
04/03/2016
09.00 – 12.00 WIB


15.00 – 16.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Kegiatan TPA

-  Terwujudnya Profil Desa


Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Warga TPA
Input Data 22 KK


Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


Masjid
20
Sabtu,
05/03/2016
09.00 – 12.00 WIB








150 – 1630 WIB
1. Komputerisasi Administrasi Desa
2. Kegiatan belajar mengajar.




Kegiatan TPA
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Kecerdasan




Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Peserta disik





Warga TPA
Input Data 22 KK


Dapat menyebutkan nama benda menggunakan bhs Ingris

Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


SDN ……





Masjid
21
Minggu,
06/03/2016






22
Senin,
07/03/2016
09.00 – 12.00 WIB


15.00 – 16.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Kegiatan TPA

-  Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Warga TPA
Input Data 19 KK


Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


Masjid
23
Selasa,
08/03/2016
09.00 – 12.00 WIB


13.30 – 15.30 WIB
 Komputerisasi Administrasi Desa

Pelatihan Komputer
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Guru dapat membuat media/ bahan pembelajaran menggunakan MS Power Point secara mandiri

Administrasi Desa

Guru
Input Data 22 KK


Praktik membuat Media Bahan Ajar
 Kantor Desa


SMPN 3 PITU
24
Rabu,
09/03/2016
09.00 – Selesai


15.00– 16.30 WIB
Membuat Plang penunjuk Jalan

Kegiatan TPA
Untuk penunjuk arah


Peningkatan Imtaq
Jalan Desa


Warga TPA
Selesai 50%


Menyelesaikan Iqro’ 4
Sekretariat KKN

Masjid
25
Kamis,
10/03/2016
09.00 – 12.00 WIB




13.30 – 15.30 WIB
Membuat Plang penunjuk Jalan



1.Pelatihan Komputer






2. Kegiatan TPA
Untuk penunjuk arah



Guru dapat membuat media/ bahan pembelajaran menggunakan MS Power Point secara mandiri

Peningkatan Imtaq
Jalan Desa




Guru







Warga TPA
Selesai 100%



Praktik membuat Media Bahan Ajar






Iqro’ 4 = 10 baris

Sekretariat KKN


SMPN 3 PITU








Masjid
26
Jumat,
11/03/2016
09.00 – 12.00 WIB


15.00 – 16.30 WIB
 Pemasangan Plang Penunjuk arah jalan

Kegiatan TPA

-  Untuk Penunjuk Jalan


Peningkatan Imtaq
Jalan Desa

Warga TPA
Terpasang 10 Buah (selesai)

Iqro’ 4 = 10 baris
 Jalan Desa PITU


Masjid
27
Sabtu,
12/03/2016
09.00 – 12.00 WIB








150 – 1630 WIB
1. Komputerisasi Administrasi Desa
2. Kegiatan belajar mengajar.




Kegiatan TPA
-   Pelayanan Prima
-  Terwujudnya Profil Desa

Peningkatan Kecerdasan




Peningkatan Imtaq
Administrasi Desa

Peserta disik





Warga TPA
Input Data 18 KK


Dapat menyebutkan nama benda menggunakan bhs Ingris

Iqro’ 4 = 10 baris
 Kantor Desa


SDN ……





Masjid
28
Minggu,
13/03/2016






29
Senin,
14/03/2016
09.00 – 12.00 WIB




13.30 – 15.30 WIB
.Komputerisasi Administrasi Desa


1.Pelatihan Komputer



2. Kegiatan TPA
Untuk penunjuk arah



Guru dapat membuat media test menggunakan aplikasi Wonder Share

Peningkatan Imtaq
Jalan Desa




Guru




Warga TPA
Selesai 100%



Membuat soal Model CBT




Iqro’ 4 = 10 baris

Sekretariat KKN


SMPN 3 PITU





Masjid
30
Selasa,
15/03/2016






31
Rabu,
16/03/2016






32
Kamis,
17/03/2016









Mengetahui.                                                                                                                  Ngawi…………………. 2016           
                        Kepala Desa                                        Dosen Pembimbing Lapangan               Ketua Kelompok
                                                           
                                                           
                                   
                       
                                                           
                        RASMIATI                                          THERESIA BUDI SUCIHATI, M.Pd HENDRA BUDI SETIAWAN   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Berikan komentar di sini
2. Tetapi Komentar tentang Postingan kami, Bukan Iklan.
3. Jika terdapat iklan terpaksa kami hapus

.