menu1

Sabtu, 23 Juli 2016

TINGKATAN TUJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA


ini tugasnya pak HARYONO

TINGKATAN
TUJUAN PENDIDIKAN







OLEH
PURYANTO
EKONOMI/ 15421014

Mata Kuliah
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


Dosen Pengampu
Dr. HARYONO






TUJUAN PENDIDIKAN
Komponen-komponen yang memungkinkan terjadinya proses pendidikan atau terlaksananya proses mendidik minimal terdiri dari 6 komponen, yang salah satunya adalah TUJUAN PENDIDKAN.
Sesuai dengan tingkatanya, tujuan pendidikan dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1.      Tujuan Pendidikan Nasional
a.       Tujuan pendidikan Nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi Marusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
b.      Tujuan ini tercantum pada undang-undang Republik Tndonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      Tujuan Lembaga/ Institusional
a.       Tujuan institusional adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap lembaga pendidikan. yaitu kualifikasi yang harus dimiliki oleh setiap siswa setelah mereka menempuh atau dapat menyelesaikan program di suatu lembaga pendidikan tertentu.
b.      Tujuan Lembaga/ Institusional ini mendasar dari pengembangan Visi dan Misi Sekolah yang tercantum dalam RKS dan RKAS
c.       Contoh tujuan Lembaga pada Satuan Pendidikan SMP Negeri 2 Kwadungan tahun pelajaran 2015/206 adalah sebagai berikut :
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memiliki prestasi yang ditunjukkan dengan tingkat kelulusan dan rata-rata nilai US/UN 6,0
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memiliki prestasi yang ditunjukkan dengan rata-rata KKM 7,5
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar tingkat Kabupaten lomba OSN
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar Lomba kreatifitas cerita berbahasa inggris (Story  Stelling) tingkat Kabupaten
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar Voly Ball  tingkat Kabupaten
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar atletik tingkat Kabupaten
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar BuluTangkis Tingkat Kabupaten
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar Catur tingkat Kabupaten
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar Regu Koor tingkat Kabupaten
  •  Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar Lomba tari tingkat Kabupaten
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah 85% siswa dapat membaca Alqur’an
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar lomba melukis   tingkat Kabupaten
  • Pada Akhir Tahun Pelajaran 15/16; Sekolah memperoaleh peringkat 10 besar Disain Motif Batik tingkat Kabupaten
  • Tersedianya dokumen buku 1 KTSP 2006 revisi
  • Pada tahun pelajaran 15/16; sekolah memiliki silabus KTSP 2006 revisi
  • Pada tahun pelajaran 15/16; sekolah memiliki RPP KTSP 2006 revisi
  • Pada akhir tahun 15/16; semua guru memiliki silabus revisi sesuai dengan kelas yang diampunya.
  • Pada akhir tahun 15/16; semua guru memiliki RPP revisi sesuai dengan kelas yang diampunya.
  • Pada akhir tahun 15/16; semua guru memiliki minimal 3 buku refrensi terupdate.
  • Pada akhir tahun 15/16; jumlah siswa per rombel 24 orang
  • Pada akhir tahun 15/16; Semua guru mempunyai beban kerja 24 jam tatap muka
  • Pada akhir tahun 15/16; Semua guru memiliki LKS sesuai dengan mapel yang diampu.
  • Pada akhir tahun 15/16;  Ratio buku siswa 3;1
  • Pada akhir tahun 15/16; 75% guru telah melaksanakan pembelajaran CTL
  • Pada akhir tahun 15/16; 50% guru telah melaksanakan pembelajaran menggunakan media IT
  • Pada akhir tahun 15/16; semua guru telah mengkomunikasikan hasil pekerjaan siswa di mading kelas
  • Pada akhir tahun 15/16; semua guru telah melaksanakan Penilaian proses pembelajaran dengan beberapa model (Ulangan harian, pengamatan, Praktik)
  • Pada akhir tahun 15/16; Kegiatan supervisi akademik dilakukan 1 kali dalam 1 tahun
  • Pada akhir tahun 15/16; Kepala sekolah telah mengikuti pelatihan MBS minimal 2 kali
  • Pada akhir tahun 15/16;  85% guru mampu mengoperasikan komputer.
  • Pada akhir tahun 15/16; 10% guru mampu melaksanakan penilaian berbasis IT
  • Pada akhir tahun 15/16; 75% guru telah melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
  •  Pada akhir tahun 15/16; 30% Tenaga Kependidikan  telah mengikuti pelatihan sesuai dengan bidangnya minimal 1 kali
  •  Pada akhir tahun 15/16; 4 KM/WC Guru berfungsi
  • Pada akhir tahun 15/16; memiliki Fasilitas pembelajaran dan Penilaian yang memadai.
  • Pada akhir tahun 15/16 telah memiliki fasilitas ibadah dengan kondisi 20%
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah memiliki dokumen RKJM dan RKAS terevisi
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah memiliki dokumen Pembagian tugas/ kewenangan/ tupoksi
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah memiliki dokumen Tata tertib sekolah
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah memiliki dokumen Akreditasi
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah memiliki dokumen keberadaan Komite sekolah
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah memiliki Sistem informasi Managemen berbasis IT
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah memiliki minimal 3 sumber dana
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah mampu mengalokasikan dana untuk 9 SNP dan laporanya
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah telah mampu mengembangkan model penilaian yang disesuaikan dengan kurikulum terbaru
  • Pada akhir tahun 15/16; Sekolah telah memiliki lingkungan sekolah yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar yang baik
3.      Tujuan Mata Pelajaran/ Kurikuler
a.       Tujuan kurikuler adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap mata pelajaran yaitu kualifikasi yang harus dimiliki anak didik setelah mereka menyelesaikan suatu bidang studi tertentu dalam suatu lembaga pendidikan.
b.      Tujuan kurikuler/ Mata pelajaran ini tercantum pada Buku Kurikulum (KTSP) dalam bentuk Standar kompetensi (SK) masing-masing mata pelajaran
c.       Contoh Standar kompetensi Pada mata pelajaran IPS Kelas 7 “Memahami kegiatan ekonomi masyarakat

4.      Tujuan Instruksional Umum (TIU)
a.       Tujuan Instruksional Umum (TIU) dapat didefinisikan sebagai kemampuan yang harus dimiliki anak didik setelah mereka mempelajari pokok bahasan tertentu dalam Mata pelajaran tertentu namun sifatnya masih umum
b.  Tujuan Instruksional Umum ini tercantum pada Buku Kurikulum (KTSP) dalam bentuk Kompetensi Dasar (KD)
c.       Contoh Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran IPS Kelas 7  pada SK Memahami kegiatan ekonomi masyarakat adalah
1)      Mendiskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
2)      Mendiskripsikan  kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa.
3)      Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi.
5.      Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
a.       Tujuan Instruksional Khusus (TIK) dapat didefinisikan sebagai kemampuan yang harus dimiliki anak didik setelah mereka mempelajari pokok bahasan tertentu dalam Mata pelajaran tertentu dalam satu kali pertemuan
b.      Tujuan Instruksional Khusus (TIK) ini tercantum pada Silabus dan RPP dalam bentuk Indikator Keberhasilan
c.       Contoh Indikator Keberhasilan pada sebuah pembelajaran mata pelajaran IPS Kelas 7  pada SK :Memahami kegiatan ekonomi masyarakat, KD :Mendiskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi antara lain :
  • Mengidentifikasi Pola Kegiatan ekonomi penduduk berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
  • Membedakan Pola Kegiatan ekonomi penduduk berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
  • Menentukan Pola Kegiatan ekonomi berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
  • Menyimpulkan perbedaan Pola Kegiatan ekonomi penduduk berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
  • Menanggulangi bencana yang timbul dari Pola Kegiatan ekonomi penduduk berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
  • MemutuskanPola Kegiatan ekonomi penduduk berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
 SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Berikan komentar di sini
2. Tetapi Komentar tentang Postingan kami, Bukan Iklan.
3. Jika terdapat iklan terpaksa kami hapus

.