menu1

Sabtu, 03 Juni 2017

PENILAIAN AUTENTIK



Penilaian (Asesmen) sinonimnya adalah pengukuran, pengujian, atau evaluasi. sedangkan Autentik merupakan sinonim dari asli, nyata, valid, atau reliabel. 

Penilaian Autentik adalah pengukuran atas proses dan hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap (afektif), keterampilan (psikomotor), dan Pengetahuan (kognitif)


Penilaian autentik terdiri dari berbagai teknik penilaian, yaitu 
  1. Pengukuran langsung keterampilan peserta didik yang berhubungan dengan hasil jangka panjang pendidikan, seperti kesuksesan di tempat kerja.
  2. Penilaian atas tugas-tugas memerlukan keterlibatan yang luas dan kinerja yang kompleks
  3. Analisis proses yang digunakan untuk menghasilkan respon peserta didik atas perolehan 
  4. sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang ada.

Jenis-Jenis Penilaian Autentik


 
1. Penilaian Kinerja
 Cara yang bisa diterapkan untuk penilaian berbasis kinerja :
  • Daftar Cek (checklist) Digunakan untuk mengetahui muncul atau tidaknya    unsur-unsur tertentu dari indikator  yang harus muncul dalam sebuah peristiwa/tindakan.
  • Catatan Anekdot/narasi (anecdotal/narative records) Digunakan dengan cara guru menuliskan laporan narasi tentang apa yang dilakukan   oleh masing-masing peserta didik selama melakukan tindakan.
  • Skala Penilaian (rating scala) Menggunakan skala numerik berikut predikatnya. Misalnya 5 = baik sekali, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, 1 = kurang sekali
  • Memori atau ingatan (memory approach) Digunakan dengan cara mengamati peserta didik ketika melakukan sesuatu dengan  tanpa membuat catatan.
Untuk mengamati kinerja peserta didik dapat menggunakan alat/instrumen, seperti : penilaian sikap, penilaian diri, observasi prilaku, pertanyaan langsung, atau pertanyaan pribadi.
2. Penilaian Proyek 

Penilaian Proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan peserta didik berdasarkan periode atau waktu tertentu. Penilaian proyek berfokus pada perencanaan, pengerjaan, dan produk proyek. 

Produk akhir dari sebuah proyek memerlukan penilaian khusus. Penilaian produk meliputi penilaian atas kemampuan peserta didik menghasilkan produk, seperti makanan, hasil karya seni (gambar, lukisan, patung, dan lainnya), barang-barang terbuat dari kayu, plastik, kertas, dan karya logam.
3. Penilaian Portofolio
Penilaian Portopolio merupakan penilaian atas kumpulan karya peserta didik, baik secara perorangan atau kelompok. Karya tersebut, misalnya menyusun atau membuat karangan, puisi, surat, gambar, foto, lukisan, laporan penelitian, dan lain-lain.

 4. Penilaian Tertulis
Tes tertulis terdiri dari memilih atau mensuplai jawaban dan uraian.  Memilih jawaban terdiri dari pilihan ganda, pilihan benar-salah, ya-tidak, menjodohkan, dan sebab-akibat. Mensuplai jawaban terdiri dari isian atau melengkapi, jawaban singkat, dan uraian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Berikan komentar di sini
2. Tetapi Komentar tentang Postingan kami, Bukan Iklan.
3. Jika terdapat iklan terpaksa kami hapus

.