menu1

Minggu, 01 Mei 2016

TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN





TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN

Semua manusia memiliki tujuan dalam kehidupannya atau tujuan hidup tersebut  akan mengawal kehidupan manusia yang mendiami planet bumi. Setiap orang memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai, sesuai dengan kemampuan yang ia miliki. Dapat dipastikan bahwa dalam tujuan-tujuan yang ada termasuk didalamnya adalah mencapai tujuan atas profesi yang sedang dijalaninya untuk menuju masa depannya.
Salah satu tujuan yang terkait dengan pekerjaan kita misalnya : ingin   menjadi pendidik yang kompeten dalam mengajar/pembelajaran. Lebih khusus tujuan-tujuan yang dirumuskan: mengindikasikan apa yang ingin dipelajari dan dicapai oleh peserta didiknya (anak-anak, siswa/murid dan mahasiswa). Tujuan instruksional diatas menitik beratkan pada apa hasil yang diperoleh peserta didik (mahasiswa) baik yang berupa perubahan tingkah laku, hasil pembelajaran yang lain seperti: kemahiran, kompetensi (kompeten); yang dinamakan Obyektif Perilaku Mahasiswa (OPM). Hasil pembelajaran diatas selanjutnya disebut sebagai : Learning Outcome/ kompetensi selain sebagai tujuan itu sendiri.
Pemilihan dan penetapan tujuan dalam pembelajaran sangat penting dipikirkan oleh pendidik (guru dan dosen), semata-mata ditujukan untuk keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran itu sendiri. Pembelajaran merupakan kegiatan/tindakan yang disengaja karena pembelajaran selalu dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan. Dikatakan  beralasan karena apa yang akan diajarkan pendidik/guru/dosen kepada peserta didik dianggap penting oleh pendidik dan  komplek karena banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik dalam waktu yang bersamaan seperti menata kelas, menyampaikan materi, mengaktifkan 

secara lengkap dan detail, silahkan Klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Berikan komentar di sini
2. Tetapi Komentar tentang Postingan kami, Bukan Iklan.
3. Jika terdapat iklan terpaksa kami hapus

.