menu1

Kamis, 02 Juni 2016

FEATURE



SUDARJANTI SANG TOKOH PEMBANGUN INSAN CENDEKIA


Sudarjanti atau mereka memanggil dengan sebutan Bu Dar adalah seorang perempuan desa yang sangat gigih untuk mencerdaskan anak bangsa. Dalam karirnya beliau pernah menjadi guru TK, guru SD, Kepala Sekolah, Pengawas, Dosen  bahkan pernah menjadi anggota DPR.
Dulu guru dikenal dengan pahlawan tanpa tanda jasa, namun seiring dengan berjalannya waktu, sekarang guru dijuluki dengan pembangun insan cendekia. Itulah gelar yang patut di sandang oleh guru yang bernama Sudarjanti seperti dimana terdengar pada lirik lagu hymne guru yang telah diperbarui.
Bu Dar terlahir pada tanggal 18 Agustus 1947 mulai merintis karir di dunia pendidikan sejak tahun 1965. Dengan senjata ijasah SKP (Sekolah Kepandaian Putri, kalau sekarang setarap SMP)  sudah berani membuka Sekolah Taman Kanak-kanak di desanya sendiri. Bayangkan seorang perempuan desa pada saat itu stabilitas keamanan negara kita masih belum kondusif, sudah berani membuka sekolah sendiri tentu membutuhkan kegigihan, ketelatenan dan jiwa besar. Satu tahun kemudian Bu Dar mencoba untuk menjadi Sukwan (istilah sekaran adalah GTT) di SDN Tepas, Geneng Ngawi dan berkat kecekatan dalam membimbing siswanya, maka dua tahun kemudian tepatnya tahun 1967 beliau diangkat menjadi PNS golongn CC1 (tatalaksana kantor) namun pekerjaanya tetap mengajar.
Tidak semulus apa yang  dibayangkan, karena ijasah yang dimiliki tidak linier dengan tugasnya menjadi guru, maka Bu Dar harus sekolah lagi di SGB Ngawi (sekolah Guru Bawah),  pada waktu yang bersamaan beliau merangkap sekolah di KPG Ngawi (Kursus Pendidik Guru) yang sekarang diubah menjadi SPG dan lulus tahun 1969. Dengan demikian dalam waktu 2 (dua) tahun mendapat 2 ijasah.
Pada perjalanan karirnya beliau tidak menetap di SDN Tepas saja, namun berpindah pindah dari SD yang satu ke SD yang lain namun masih di wilayah Kabupaten Ngawi. Pada tahun 1969 pindah ke SDN Gerih, dua tahun kemudian pindah ke SDN Purwosari. Di SD inilah awal saya mengenal sosok kepribadian baik dari seorang guru perempuan yang bernama Sudarjanti. Beliau merupakan sosok guru yang disenangi oleh murid-muridnya, disamping belian penyabar, gemati, disiplin, serta sangat teladan dan bertanggung jawab. Tapi sangat di sayang beliau mengajar di SDN Purwosari hanya 2 tahun, dan pada akhir tahun 1972 harus pindah ke SDN Kasreman. Di SDN kasreman ini berlangsung agak lama sehingga memutuskan untuk pindah tempat mengikuti suaminya di desa Kendung kecamatan kwadungan yang letaknya tidak jauh dari Desa Kasreman tempat beliau mengajar.
Waktu demi waktu, hari demi hari terus beliau jalani, dan pada tahun 1981 beliau mendapatkan tempat tugas baru yaitu di SDN Kendung. Empat tahun kemudian tepatnya tahun 1985 di angkat menjdai Kepala Sekolah di SDN Warukkalong 2 kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi. Pengalaman menjadi kepala Sekolah dalam kurun waktu 10 tahun beliau telah membina menjadi kepala sekolah secara bergantian di tiga sekolah yaitu di SDN Warukkalong2, SDN Kendung dan SDN Pojok kecamatan Kwadungan. Kemudian pada tahun 1995 diangkat menjadi Pengawas SD. Karena merasa dirinya belum S1, maka beliau kuliah lagi di STKIP PGRI Ngawi lulus tahun 1997.
Entah apa yang dipikirkan untuk memajukan dunia pendidikan, sampai beliau bertekad untuk mencalonkan diri menjadi anggota DPR dan apa yang diharapkan terkabul beliau menjadi anggota DPR pada tahun 1997 s.d. 2002 di komisi Pendidikan. Selama menjadi anggota DPR beliau tidak hanya duduk di kursi DPR saja, namun juga turun tangan untuk membina ibu-ibu rumah tangga dengan mendirikan Kelompok pengajian yang pelaksanaanya di malam hari dan itu dilakukan sampai sekarang.
Beliau mengakhiri masa pengabdianya pada pemerintah (Pensiun) tahun 2007. Pada masa pensiunnya beliau tidak berhenti begitu saja dalam memajukan masyarakat di bindang pendidikan, beliau membina ibu-ibu di desanya untuk membuat Home Industri dari bahan bahan yang murah atau dari sampah seperti membuat Tas, tempat Tisu, Pot dll. Beliau juga mendirikan PAUD dan berjalan sampai dengan sekrang. Itulah Sosok Guru bernama Sudarjanti pembangun insan cendekia yang patut kita teladani.........................

NAMA                                    : PURYANTO
NIM                                        : 15421014
MAKUL                                 : JURNALISTIK
DOSEN PENGAMPU           : Drs. BAMBANG SUPRIYATNO, MSi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Berikan komentar di sini
2. Tetapi Komentar tentang Postingan kami, Bukan Iklan.
3. Jika terdapat iklan terpaksa kami hapus

.